Labels

Labels

Labels

12 Maret 2009

8 MST

Sudah beberapa lama saya tidak memposting tulisan baru. Sepertinya selain karena kesibukan penelitian yang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran, juga karena saya memang sedang tidak ada ide. Nah, saya akan sedikit menceritakan kabar tentang tanaman rosella saya yang sudah memasuki minggu ke-8.

Beberapa minggu terakhir, intensitas curah hujan di Bogor sedang sangat tinggi. Hal ini tentu berdampak pada tanaman rosella saya. Walaupun rosella membutuhkan curah hujan cukup pada awal penanaman, namun jika dalam intensitas yang tinggi dapat membuat tanaman kelebihan air dan akhirnya busuk.

Penelitian saya mencoba meneliti perbedaan kandungan antosianin yang terkandung dalam rosella merah dan rosella ungu. Setelah saya amati, rosella merah memiliki beberapa perbedaan dengan rosella ungu, terutama pada hal penampakan. Pada rosella merah : batang dan tangkai daunnya memiliki warna merah yang terang. Sedangkan pada rosella ungu : batang dan tangkai daunnya memiliki warna merah keunguan yang agak gelap, pada daun terdapat semburat warna ungu. Jadi, dilihat dari penampakan fisik secara sepintas pun dapat dibedakan antara rosella merah dan ungu ^^)p

Dari literatur yang saya dapat, dijelaskan bahwa tanaman rosella ungu memiliki masa panen bunga yang lebih lambat dibandingkan rosella merah. Jadi, kemungkinan besar saya akan lebih dulu melakukan pemeriksaan produksi antosianin tanaman rosella merah baru kemudian rosella ungu.

Berikut adalah gambar tanaman rosella yang diambil setelah 6 Minggu Setelah Tanam :




Alhamdulillah..Sekarang tanaman rosella sudah mulai tumbuh besar. Semoga untuk ke depannya penelitian saya tidak menemui hambatan yang berarti..Amin..

3 komentar

Anonim

apa keunggulan dan kekurangan dari rosella ungu dan merah?
terutama khasiatnya, terima kasih!

Azkiyaa 22 April 2010 pukul 15.21

Maaf Mbak rosela merah dan ungu bangus mana herbal alami www.cbmcare.com

Anonim

saya artha. kebetulan saya mau penelitian ttg rosela ungu, tapi sampai sekarang saya belum menemukan taksonomi rosela ungu.mbak apa boleh saya minta hasil penelitian mba' buat referensi saya. trimaksih
email saya di hitaru_torowama@yahoo.com

Posting Komentar

Silahkan diisi bagi yang ingin berkomentar ^^)p