Labels

Labels

Labels

22 Mei 2009

Durian Itu Enak Ga sich??


Bukan karena saya adalah penggemar durian hingga akhirnya memutuskan untuk memposting tulisan ini. Jujur, selama ini saya mencicipi durian hanya sedikitt..benar-benar sedikit. Dan itu pun hanya 2 kali. Ketika saya kelas 2 SD dan 3 SMP. Selebihnya, saya tidak pernah menyentuh buah yang terkenal akan bau dan rasanya yang khas ini. Bukan juga karena dulu ketika masa ospek mahasiswa, saya menjadi ketua dari kelompok "durian".
Iseng buka buku yang berjudul "Nabi Saja Suka Buah" karangan dr.Sunardi....

Dijelaskan beberapa khasiat durian bagi kesehatan :
a. Buah durian mengandung gula, vitamin C, potassium dan asam amino serotoninergic tryptophan yang tinggi. Durian merupakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak yang baik.

b. Sumber kalsium yang tinggi.

c. Di Malaysia, daun dan akar durian yang direbus untuk menurunkan panas, dengan cara diletakkan di dahi sebagai kompres.

d. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau wanita hamil, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah durian.

e. Kepercayaan sebagian orang di Asia Tenggara bahwa buah durian mempunyai sifat menghangatkan guna menghasilkan keringat berlebih. Cara tradisional untuk mengatasinya adalah dengan menuangkan air pada tempat buah durian yang sudah dimakan kemudian diminum. Cara yang lain adalah makan buah durian bersamaan dengan buah manggis.

f. Orang-orang Jawa percaya bahwa buah durian mempunyai sifat aphrodisiac (yakni mampu meningkatkan gairah seksual)

Beberapa jenis durian yang dapat kita temui di Indonesia :

A. DURIAN MONTHONG atau yang biasa dikenal dengan nama DURIAN BANGKOK

Durian yang jadi incaran penggemar durian.Durian ini berasal dari Thailand. Tanaman Durian monthong merupakan tanaman genjah. Mampu berproduksi pada umur 4-5 tahun sejak ditanam dengan bibit asal sambung pucuk. Produksi buahnya cukup banyak. Mampu beradaptasi pada berbagai tempat. Sayangnya, tanaman ini tidak mempunyai ketahanan terhadap penyakit Phytophthora .sp. Bentuk buah bervariasi, dari bulat panjang sampai hampir persegi. Durinya besar dan tersusun jarang. Bobot buahnya mampu mencapai 6 kg. Kulitnya tebal dengan warna hij au. juringnya ada 5. Warna daging buah ada yang kuning emas, ada pula yang krem. Dagingnya sangat tebal dengan rasa manis legit dan aroma harum sedang.

B. DURIAN PETRUK

Durian ini berasal dari Randusari, Jepara, Jawa Tengah, dan telah dilepas sebagai varietas unggul nasional. Bentuk buahnya bulat telur terbalik dengan kulit buah tipis (sekitar 3 mm) berwarna hijau kekuningan. Durinya berbentuk kerucut, kecil, dan rapat. Daging buah berwarna kuning, berserat halus, agak lembek, dan rasanya manis sekali. Namun, aromanya tidak begitu tajam dan menyengat. Jumlah pongge per buah antara 5-10 dengan biji sempurna 5-10. Ukuran bijinya kecil dan berbentuk lonjong. Berat rata-rata buah antara 1-1,5 kg. Produksi buah berkisar dari 50-150 buah/ pohon/tahun. Durian ini relatif tahan penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

C. DURIAN MERAH


Ada yang pernah mencicipi durian merah? Durian berdaging merah ini merupakan durian liar yang ditemukan di hutan kalimantan. Sama halnya dengan durian lainnya, durian ini mempunyai kulit berduri dan aroma durian yang sangat khas dan menyengat. Yang membuatnya berbeda adalah warna dari daging buahnya yang berwarna merah dan kebanyakan durian ini dikonsumsi oleh burung. Denger2 katanya lebih enak dari Durian biasa lho..

D. DURIAN SUNAN

Durian ini berasal dari daerah Gendol, Boyolali, Jawa Tengah. Karenanya, sering disebut sunan gendol. Bentuk buahnya bulat telur terbalik. Kulit buah berwarna hijau kecokelatan. Durinya berbentuk kerucut, kecil, dan susunannya jarang. Kulit buahnya kurang dari 5 mm dan mudah dibelah-belah. Daging buah berwarna krem, sangat tebal, kering berlemak, dan berserat halus. Aromanya harum tajam dan rasanya manis. Jumlah pongge per buah ntara 20-35 buah. Jumlah biji sempurnanya hanya 1-2. Biji berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Berat rata-rata buah antara 1,5-2,5 kg. Produktivitas mencapai 200-800 buah/pohon/ tahun. Durian ini mempunyai daya tahan yang baik terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

E. DURIAN SITOKONG

Durian yang telah dilepas sebagai varietas unggul nasional ini berasal dari Ragunan, Pasarminggu, Jakarta. Bentuk buahnya bulat panjang dan berwarna hijau.

F. DURIAN SUKUN

Durian unggul ini berasal dari daerah Gempolan, Karanganyar, Jawa Tengah. Bentuk buahnya bulat panjang dan warnanya kekuningan. Tebal kulit buahnya lebih dari 10 mm. Durinya berbentuk kerucut, kecil, dan tersusun rapat. Daging buahnya berwarna putih kekuningan, sangat tebal, kering berlemak, dan bertekstur lembut. Rasanya manis dengan aroma harum. Jumlah pongge antara 5-15. Hampir semua pongge tersebut penuh dengan daging buah. Jumlah biji sempurnanya rata-rata hanya sebuah. Ukuran bijinya kecil dan bentuknya lonjong. Bobot buahnya mencapai :Z,S3 kg/buah. Produktivitasnya cukup baik, antara 100-300 buah/pohon/tahun. Daya tahannya terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah cukup baik.

G. DURIAN NIAS

H. DURIAN RAJA KUNYIT
Hm....semoga info nya berguna bagi yang senang makan durian... ^^)p

2 komentar

tet chan,slk 15 November 2009 19.17

ngmn cara tanam durian dataran rendah juga air asin,minta saran

Kurnia Pratiwi 15 Desember 2009 16.17

Waduh, saya kurang tau.. ^_^

Posting Komentar

Silahkan diisi bagi yang ingin berkomentar ^^)p