Labels

Labels

Labels

12 Januari 2009

SAKIT

Sakit merupakan salah satu ujian yang ada dalam hidup. Sakit mengajarkan saya untuk bersabar dan belajar untuk mensyukuri nikmat sehat yang telah diberikanNya. Sakit kali ini sebenarnya merupakan akumulasi dari sakit2 kecil yang saya alami sejak hari Kamis *mulai gejalanya sih hari Rabu* Aktivitas yang padat dan waktu istirahat yang kurang menjadi pemicu. Ditambah lagi saya kemarin kehujanan *Wah, ga elit ya penyebab nya* Tidak terlalu parah memang (hanya demam) namun membuat saya jadi sedikit lemas.
Kemudian saya mencari beberapa artikel yang dapat membantu saya menurunkan panas. Yah, walau sebenarnya sudah tau, tapi kan ingin juga cari yang lebih ilmiah dan dapat langsung dari ahlinya. Maka saya mendapatkan artikel di bawah ini dari sebuah situs...

"Panas atau demam adalah salah satu gejala yang muncul bila ada yang tidak beres dalam tubuh kita. Bisa hanya karena kurang cairan atau kurang minum, bisa juga karena ada infeksi di dalam tubuh kita.

Suhu badan normal adalah 37,5 derajat Celcius. Bila suhu badan di atas suhu normal tersebut, maka dikatakan tubuh mengalami demam. Demam merupakan tanda bahwa tubuh dalam kondisi yang tidak normal, oleh karena itu tidak boleh dibiarkan. Harus dilakukan upaya untuk menurunkan demam tadi sehingga suhu tubuh kembali normal. Suhu tubuh yang makin tinggi juga berbahaya, terutama pada anak. Bila tubuh tidak bisa mentolerir suhu yang tinggi tadi, bisa terjadi kejang. Terjadinya kejang akan memberikan pengaruh buruk pada otak.

Upaya untuk menurunkan demam adalah sebagai berikut:آ

  1. Kenakan pakaian yang tipis, karena pakaian yang tebal justru menghambat keluarnya panas sehingga suhu tubuh tidak segera turun.
  2. Jika pakaian basah oleh keringat, segera ganti dengan pakaian yang kering.
  3. Lakukan tindakan mengompres badan dengan menggunakan air biasa. Bagian yang dikompres adalah dahi, ketiak dan selangkangan, yang merupakan tempat dengan pembuluh darah yang besar.
  4. Tidak dianjurkan mengompres dengan es atau alkohol, karena terdapat perbedaan suhu yang besar dengan tubuh, yang justru akan menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan bisa memicu timbulnya kejang.آ
  5. Perbanyak cairan yang masuk ke dalam tubuh dengan banyak minum. Selain itu minumlah obat penurun panas secara teratur sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
Memang sebaiknya mencegah daripada mengobati"

Bermanfaat sekali. Langsung saya coba deh..Moga sakit ini bisa menjadi penggugur dosa..Amin

4 komentar

mas is 12 Januari 2009 15.18

Sadarilah bahwa apa yang terjadi pada diri kita setiap waktu adalah karunia Allah yang terbaik. Maka dari itu syukurilah, sekalipun kita diberi cobaan sakit..bersabarlah. Insya Allah ada kebaikan di sisi lain yang tidak kita sangka-sangka..

Wasim Al Kabumaeny 12 Januari 2009 17.21

syafakillah ukh....senantiasa bersyukur n istighfar...

else 12 Januari 2009 17.38

whew ada artikel kshatan di sini
nice post sist

Obat Alergi 7 Januari 2011 13.34

betul juga, kita memang harus menjaga kesehatan, karena itu memang harta yang berharga..

Posting Komentar

Silahkan diisi bagi yang ingin berkomentar ^^)p