Labels

Labels

Labels

17 Desember 2008

KOLOKIUM

Alhamdulillah..Akhirnya, setelah menunggu sekian lama dan harus beberapa minggu diundur, akhirnya saya melakukan kolokium juga. Di FS dan Facebook, saya menuliskan bahwa saya minta doa dari kawan semua bahwa saya akan melakukan kolokium selasa kemarin (16/12). Namun, sepertinya memang sistem pendidikan di kampus saya berbeda dengan di kampus kawan2, sehingga mereka banyak yang bertanya "Apa itu kolokium?"


Saya mencoba menjelaskan sedikit ya. Dalam sebuah rangkaian tugas akhir (TA/skripsi) ada beberapa tahap yang harus dilakukan demi memenuhi syarat kelulusan. Ketika seorang mahasiswa IPB (meskipun tidak seluruh jurusan melakukan hal ini) akan melakukan penelitian/magang sebagai metode TA nya, maka hal yang pertama dia harus lakukan adalah melaksanakan KOLOKIUM. Kolokium adalah sebuah presentasi mengenai usulan TA yang akan kita laksanakan di depan dosen dan kawan2, agar mereka mengetahui TA kita. Selain itu, kolokium berguna untuk meminta masukan kepada kawan2, terkait metode yang kita gunakan.

Setelah kolokium, maka kita akan melakukan TA. Nah, ketika kita sudah mengolah data dari TA yang kita lakukan dan telah memasukkan draft skripsi yang sudah disetujui dosen, maka kita baru dapat melakukan seminar, yaitu presentasi dari hasil TA yang kita dapatkan dihadapan dosen dan kawan2. Ketika seminar, kawan2 kita sudah tidak bisa memberi masukan. Justru mereka yang akan banyak bertanya, "mengapa begini, mengapa begitu". Setelah nya, baru kita sidang TA. Saat sidang, tentu saja hanya dosen penguji yang hadir. Kawan2 kita hanya menyemangati dan membantu doa dari luar.

Nah, kemarin, akhirnya saya kolokium juga. Awalnya saya berencana untuk melakukan magang. Sejak saya masuk jurusan Agronomi dan Hortikultura, saya bertekad bahwa saya akan magang di kebun teh. Kan asyik, tiap hari bisa berada di kebun teh. Sejuk dan tenang. Tapi, setelah melihat pekerjaan magang di perkebunan yang cukup berat, saya putuskan saja untuk melakukan penelitian. Penelitian ini saya pilih karena saya menyukai komoditas nya. Judul penelitian saya adalah "PENGARUH PEMUPUKAN FOSFOR TERHADAP KANDUNGAN ANTOSIANIN DUA VARIETAS ROSELLA" Pokoknya komplit plit..Karena selama 4 bulan saya akan menanam Rosella di lapang dan setelah nya akan menguji kandungan bioaktif dengan metode ekstraksi di laboratorium...Asyik...

Sebenarnya saya sudah meminta tolong teman saya merekam kolokium saya, tapi rupanya tidak direkam nya *Hix..Hix..kawan ku...Kenapa tidak kau rekam?* Ya sudahlah, meskipun foto2 nya pun banyak yang buram, tapi kan yang penting sudah berlalu... Berikut akan coba saya perlihatkan foto saya bersama kawan2 yang telah membantu saya.


Dari kiri ke kanan ada : Rinay dan Widya yang membantu membagikan makalah kolokium saya, kemudian ada saya, dan ayu yang jadi seksi dokumentasi dadakan... Kita berfoto setelah kolokium. Wah, kawan, nanti tiba saat kalian kolokium, saya pasti membantu..Tenang saja..

Foto di atas adalah saya bersama kawan2 yang melakukan kolokium pada hari itu. Dari kiri ke kanan ada : Ardi (magang kelapa sawit), Rahman (pendugaan parametrik melon), Dini (perbanyakan stek nenas), Dina (uji adaptasi melon), saya dan Furqon (magang kelapa sawit). Ada yang kurang satu orang, ternyata beliau langsung pergi karena ada kuliah.

Setelah selesai kolokium, banyak yang memberi selamat..Padahal saya bingung, "Lho, ngapain dikasih ucapan selamat ya??" Banyak juga yang komentar "Bagus koq presentasi nya".. Wah, padahal saat itu saya benar2 grogi. Berhubung saya yang pertama kali tampil, jadi saya agak ragu berbicara. Ketika sesi tanya jawab pun, saya masih tetap grogi, khawatir pertanyaan yang keluar adalah pertanyaan yang aneh2. Alhamdulillah, pertanyaan standar yang memang sudah saya perkirakan. Tapi, sejauh ini, saya senang, karena dari kolokium saya banyak dapat masukan dari kawan2.. Terima kasih ya kawan2.. ^^)p

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan diisi bagi yang ingin berkomentar ^^)p