Labels

Labels

Labels

22 Desember 2008

MULAI PENANAMAN

Beberapa hari ini, saya bukannya tidak ingin mengisi posting di blog. Hanya saja, penelitian saya sepertinya memang sedang membutuhkan perhatian penuh. Sejak Sabtu dan Minggu kemarin, saya sibuk menanam rosella yang akan diteliti, di lahan seluas 480m2 *luas sekali yang pasti. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanya tanah saya saja* Buat mba-mas, tante-om, kakak-adik yang sudah memberi pesan pada saya, saya ingin meluruskan bahwa saya belum lulus kuliah, baru akan memulai penelitian :)


Saya ini memang orang yang sok kuat, seolah-olah bisa mengerjakan semuanya sendiri. Menyangkul, menanam, memberi pupuk kandang. Ternyata...Baru 6 petak, saya sudah meringis menahan perih karena kulit tangan yang terkelupas dan berdarah. Nyut..Nyut..sakit sekali..
Besoknya, saya putuskan untuk meminta bantuan seorang petani di sana. Dan inilah gambar2 yang dapat saya ambil selama saya melakukan penanaman.

Mempersiapkan benih varietas merah dan ungu. Sebelumnya, direndam dulu selama 24 jam. Setelah saya perhatikan, benih dari kedua varietas ini memiliki perbedaan, terutama pada hal bentuk. Benih rosella ungu lebih kembung dibandingkan rosella merah yang cenderung keriput.

Ini lahan yang akan ditanami rosella. Lumayan luas. 480m2.

Tapi, sebelumnya, saya harus merelakan tangan saya untuk berteman dengan pupuk kandang kambing..Bau, berlendir, lembab, dan banyak binatang (cacing, belatung, ect.) *Udah biasa megang beginian*

Saya sedang menanam benih rosella, kemudian meratakan pupuk kandang yang sudah diberikan. Intensitas curah hujan saat saya melakukan penanaman, cukup tinggi. Bahkan, penanaman sempat terhenti karena hujan. Awalnya, saya menggunakan sandal jepit, tapi karena baru beberapa langkah, sandal jepitnya sudah memiliki hak, maka saya putuskan untuk "nyeker" saja lah *Hoho..Kaos kaki ku, jadi berubah warna*

Bagian penanaman yang berat sudah terlewati. Tinggal merawatnya hingga 5 bulan ke depan. Tiap hari saya berdoa, "Ya Allah, turunkan lah hujan di bogor ini, agar rosella yang ditanam tumbuh subur dan tak kehausan"... *Padahal mah, karena memang malas nyiram..Hoho*

10 komentar

rozy 23 Desember 2008 09.40

luas bangat lahannya
kalau panen entar bisa kaya entar nih :p
orang tua saya juga ada nanam rosella di rumah
soalnya rosella ini bisa sebagai obat juga ya ?

pojokjambi 23 Desember 2008 23.19

kalo ga punya tanah mo numpang nanam dimana ya?... hehehe...
wah ilmunya sangat bermanfaat...
tetep semangat ya mbak..?

aYme 24 Desember 2008 14.57

wah hbt udh biasa megang pupuk2 kndng itu,,, :D
nykp gw jg suka bgt tanaman,,,
btw ga ush berdoa jg bogor dknl ujn mulu kn saban hari,,,
heheh :D

alris 28 Desember 2008 16.28

Semoga penelitiannya sukses. Ya di bgr gak usah berdoa utuk hujan, saat ini lagi musimnya hehehe...
Salam kenal.

budiawanhutasoit 29 Desember 2008 18.59

lho..kirain udah lulus dan jadi tukang insinyur nia..ternyata baru penelitian..selamat melakukan penelitian ya..
jadi inget pas saya penelitian dulu.
saya penelitian di daerah Jampang Surade, Sukabumi Selatan.

oya, saya minum teh rosella tiap pagi..rasanya asam gitu deh..tp badan jadi sehat.

Toto 4 Januari 2009 09.32

Bantuin nanam di rumah donk...^^

Ombung ( ^ ; ^ )v 4 Januari 2009 09.34

rosella, kbetulan di halaman belakang rumahqu skarang dah tumbuh rosselanya,n dah beberapa kali panen.

ternyata menanam rosella sangat mudah loch, kalo aq dulu nanemnya cuma tak lempar2 aja bijinya n ga pake nyangkul2 segala, eh ga taunya malah tumbuh subur hehe..

sekarang lumayan lebih bs berhemat, soalnya dulu waktu blm punya pohon rossela aq terpaksa bli di supermarket rossela kering ukuran plastik seperempat kg dg harga 15ribu perak

anum 8 Januari 2009 10.59

nia...nia...dikau tidak kasian dgn kaus kakimu

kasian ia...

apa kabarnya kah dia skrg?

(ada komentar laen ga sih num?hehe)

rini 15 Mei 2009 07.44

pagi mba

kalo boleh tau kontak alamat dan kebunnya dimana?
sudah produksi berapa perbulan untuk rosella ungu?

kalo serius hubungi rini.caturwati@gmail.com

terima kasih

KURNIA PRATIWI 22 Mei 2009 16.27

wah, mba rini tertarik ya..nanti nia hubungi lewat email..

Posting Komentar

Silahkan diisi bagi yang ingin berkomentar ^^)p